Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 060811 Medan

Khairat, Miftahul and Basri, Muhammad and Zunidar, Zunidar (2023) Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 060811 Medan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Islam Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_MIFTA-1.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB_I__MIFTA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB_II_MIFTA.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB_III_MIFTA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB_IV_MIFTA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB_V_MIFTA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Lampiran_MIFTA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 060811 Medan”, penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Matematika di SDN 060811 Medan, (2) Untuk mengetahui kendala guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Matematika di SDN 060811 Medan, (3) Untuk mengetahui upaya guru dalam peningkatan pengelolaan kelas pada mata pelajaran Matematika di SDN 060811 Medan. data Metodologi penelitian yang peneliti pakai adalah adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Aktivitas dalam analisis yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan kegiatan wawancara terhadap guru kelas terkait permasalahan yang penulis angkat, selain itu, peneliti juga melakukan observasi berupa pengamatan terhadap keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Matematika. Lalu peneliti juga melakukan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh penulis berupa : (1) Keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Matematika di SDN 060811 Medan sudah tampak terampil, yang mana hal tersebut didapatkan dari hasil penelitian, yaitu : pertama, pengelolaan kebersihan kelas, pengaturan tempat duduk, penempatan poster/gambar/media pendidikan, pengaturan udara di dalam kelas. Kedua, guru senantiasa tanggap terhadap aktivitas siswa, ketiga guru memberi perhatian yang sama kepada setiap siswa tanpa membeda-bedakannya, keempat guru sudah memberi petunjuk dan tujuan yang jelas juga sudah melakukannya dan didukung oleh penggunaan bahasa yang jelas, kelima guru telah memberikan teguran dengan baik. (2) Kendala guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Matematika di SDN 060811 Medan yaitu kendala siswa dalam belajar mengenai materi operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Lalu, kendala saat pembelajaran berlangsung ialah ketika guru menerangkan ada beberapa siswa yang masih berbicara atau ribut. (3) Upaya guru dalam peningkatan pengelolaan kelas pada mata pelajaran Matematika di SDN 060811 Medan yaitu guru memberikan penguatan kepada siswa dengan mengadakan remedial dan pengayaan. Dengan penguatan bisa mengatasi kendala yang ada. Dan untuk mengatasi permasalahan peserta didik berbicara atau ribut saat pembelajaran guru menegur dan menasihati siswa, jika tetap ribut guru akan memberikan hukuman agar mereka tidak mengulanginya. Berdasarkan adanya temuan tersebut maka guru dalam mengelola kelas agar mengetahui bagaimana keterampilan, kendala, dan upaya guru dalam mengelola kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif pada mata pelajaran Matematika di SDN 060811 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Mengelola Kelas, Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Fauziah Utami
Date Deposited: 10 Dec 2023 06:21
Last Modified: 10 Dec 2023 06:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21350

Actions (login required)

View Item View Item