MANAJEMEN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TAHUN 2013 DI KABUPATEN MANDAILING NATAL

SUYATMIKA, YULITA (2023) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TAHUN 2013 DI KABUPATEN MANDAILING NATAL. Masters thesis, UNHVERSITAS ISLAM NEGRI SUMATERA UTARA MEDAN.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB_2.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB_3.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB_4.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB_5.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri dalam pelaksanaan kurikulum tahun 2013 di Kabupaten Mandailing Natal meliputi mengetahui: perencanaan yang dilakukan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri dalam pelaksanaan kurikulum tahun 2013 di Kabupaten Mandailing Natal, pengorganisasian yang dilakukan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri dalam pelaksanaan kurikulum tahun 2013 di kabupaten Mandailing Natal, Pelaksanaan yang dilakukan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri dalam Implementasi kurikulum tahun 2013 di kabupaten Mandailing Natal, dan pengawasan yang dilakukan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri dalam pelaksanaan kurikulum tahun 2013 di kabupaten Mandailing Natal. Penelitian yang dilakukan ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan guru madrasah. Tehnik pengumpulan data mengacu pada tabel instrumen yang dibuat sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis data dari Milles dan Huberman dengan tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi data. Teknik penjaminan keabsahan data diperlukan teknik pemeriksaan didasarkan kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability) Berdasarkan temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan kepala madrasah tsanawiyah negeri dalam pelaksanaan kurikulum tahun 2013 di kabupaten Mandailing Natal dengan merencanakan beberapa kegiatan strategis agar terlaksanakannya kurikulum 2013 secara efektif dan efisien. Adapaun kegiatan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mandailing Natal melakukan kegiatan a) Pelatihan penerapan kurikulum 2013 (K13), b) Pengembangan kurikulum, c) Pembuatan RPP untuk satu Tahun Pelajaran, dan d) Menentukan Kompetensi Dasar dan Lulusan. Sedangkan kegiatan yang direncanakan, diorganisasikan, dilaksanakan dan diawasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mandailing Natal adalah a) Penentuan Tujuan Pendidikan di Madrasah, b) Perumusan Disiplin dan Sanksi Terikat Peraturan Madrasah Terfokus Perihal Penerapan Kurikulum 2013 (K13) dan c) Pengembangan kurikulum. Simpulan dari penelitian ini, bahwa manajamen kepala madrasah dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di Kabupaten Mandailing Natal melakukan beberapa hal yaitu; a) Pelatihan penerapan kurikulum 2013 (K13), b) Pengembangan kurikulum, c) Pembuatan RPP untuk satu Tahun Pelajaran, dan d) Menentukan Kompetensi Dasar dan Lulusan. Sedangkan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mandailing Natal melakukan: a) Penentuan Tujuan Pendidikan di Madrasah, b) Perumusan Disiplin dan Sanksi Terikat Peraturan Madrasah Terfokus Perihal Penerapan Kurikulum 2013 (K13) dan c) Pengembangan kurikulum.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Management, Principal of Madrasah, Curriculum Implementation.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Pengguna yang mendeposit: Mr. Tiopan Daris Siregar
Date Deposited: 08 Dec 2023 11:22
Last Modified: 08 Dec 2023 11:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21149

Actions (login required)

View Item View Item