Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di MAS Al-Washliyah 22 Tembung Medan

ALVYANA, PRISKA (2023) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di MAS Al-Washliyah 22 Tembung Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_PRISKA_ALVYANA_0307162059.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_PRISKA_ALVYANA_0307162059.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_PRISKA_ALVYANA_0307162059.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI_PRISKA_ALVYANA_0307162059.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI_PRISKA_ALVYANA_0307162059.pdf

Download (935kB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI_PRISKA_ALVYANA_0307162059.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_SKRIPSI_PRISKA_ALVYANA_0307162059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang budaya disiplin yang ada di sekolah MAS Al-Washliyah 22 Tembung Medan, serta upaya kepala sekolah dalam membuat dan menjalankan strateginya untuk meningkatkan budaya disiplin peserta didik di MAS Al-Washliyah 22 Tembung Medan, Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah MAS Al-Washliyah 22 Tembung Medan, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, petugas tata usaha, guru-guru dan peserta didik MAS Al-Washliyah 22 Tembung Medan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis dari Miles dan Huberman meliputi (2015: 147-150): reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dan keabsahan data dalam penelitian ini yaitu creadibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Budaya disiplin yang diterapkan di MAS Al-Washliyah yang utama yaitu budaya disiplin waktu dan ii berpakaian, 2) Pandangan peserta didik terhadap pelaksanaan budaya disiplin tersebut sangat baik sesuai dengan harapan dan keinginan peserta didik itu sendiri, dengan adanya hal ini mereka merasa bahwa budaya disiplin ini merubah serta meningkatkan akhlakul karimah dan berperibadian baik, serta lebih menghargai dan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, 3) Upaya yang dilakukan kepala sekolah agar strategi yang digunakan kepala sekolah untuk meningkat budaya disipllin berjalan dengan baik yaitu; Pertama, kepala sekolah memberikan contoh dan keteladanan yang baik kepada peserta didik. Kedua, mengawasi serta memberi bimbingan berkala kepada peserta didik. Ketiga, dalam penyusunan peraturan dan tata tertib kepala sekolah melibatkan beberapa staff, guru, dan peserta didik. Dengan melibatkan peserta didik ini, diharapkan peserta dapat lebih bertanggung jawab dalam mematuhi peraturan dan tata tertib yang telah disepakati bersama. Upaya kepala sekolah dalam menjalankan strateginya untuk meningkatkan budaya disiplin peserta didik di MAS Al-Washliyah 22 Tembung Medan dapat diperoleh dari hasil kerjasama seluruh warga sekolah yang menjalankannya sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 027 General libraries
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Sella Octavia
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:07
Last Modified: 08 Dec 2023 08:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21132

Actions (login required)

View Item View Item