Penerapan Media Pembelajaran Visual Papan Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan di Kelas IV SD Negeri 105365 LUBUK BAYAS

Hadijah, Siti (2023) Penerapan Media Pembelajaran Visual Papan Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan di Kelas IV SD Negeri 105365 LUBUK BAYAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_Siti_Hadijah.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB_I_Siti_Hadijah.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB_II_Siti_Hadijah.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB_II_Siti_Hadijah.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB_III_Siti_Hadijah.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB_IV_Siti_Hadijah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_Siti_Hadijah.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_dan_Lampiran_Siti_Hadijah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati bagaimana penggunaan media pembelajaran guru dalam menggunakan media visual pada pembelajaran Matematika di IV SD Negeri 105365 Lubuk Bayas, faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru dalam penggunaan media visual pada pembelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 105365 Lubuk Bayas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui beberapa sumber data yakni observasi, wawancara, dan data dokumentasi pendukung media pembelajaran visual, ketersediaan buku pelajaran dan keaktifan guru-guru SD Negeri 105365 Lubuk Bayas dalam mengikuti pelatihan-pelatihan terkait media pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi guru ada 3 faktor yaitu ketersediaan waktu dalam menyediakan media visual, perlunya penambahan secara kuantitas dan pembaharuan terkait alat pendukung media pembelajaran visual dan ketersediaan buku�buku pelajaran yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran Matematika. Persepsi peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang menggunakan media visual pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 105365 Lubuk Bayas yaitu siswa memberikan tanggapan positif. Siswa menyukai dan merasa senang serta tidak merasa bosan ketika guru mengajar menggunakan media visual yang bervariasi. Siswa mengharapkan agar pembelajaran dengan media visual terus dilakukan dan harapan siswa kedepannya agar belajarnya juga bisa dilakukan diluar kelas agar lebih menyenangkan lagi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Media Pembelajaran Visual, Papan Pecahan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Sella Octavia
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:59
Last Modified: 08 Dec 2023 03:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21096

Actions (login required)

View Item View Item