Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang

Azizi, Dara Chania (2023) Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_DARA_CHANIA_AZIZI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_DARA_CHANIA_AZIZI.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB_II_DARA_CHANIA.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB_III_DARA_CHANIA_AZIZI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV_DARA_CHANIA.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB_V_DARA_CHANIA_AZIZI.pdf

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DARA_CHANIA.pdf

Download (564kB)

Abstract

Kejadian stunting (balita pendek) merupakan masalah gizi utama yang telah dihadapi Indonesia. Berdasarkan dari Pemantauan Status Gizi (PSG) selama tiga tahun terakhir ini, balita pendek memiliki prevalensi tertinggi dibandingkan dengan masalah gizi lainnya seperti gizi kurang, kurus, bahkan gemuk. Puskesmas Labuhan Deli termasuk salah satu dari lokasi yang terdapat kasus stunting di Kabupaten Deli Serdang dengan prevalensi kasus stunting sebesar 0.48% pada tahun 2020 dan meningkat pada tahun 2021 menjadi 1.46%. Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan kejadian stunting pada balita di wilayah kerja Puskesmas Labuhan Deli. Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed method) yaitu dengan menggabungkan dua bentuk penelitian yang telah ada sebelumnya yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 152 sampel yang diambil dari ibu yang memiliki balita sebanyak 76 orang sebagai kelompok kasus dan sebanyak 76 orang sebagai kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan perbandingan. Hasil penelitian : Menunjukkan bahwa adanya faktor yang mempengaruhi pada kejadian stunting pada balita yaitu pemberian asi eksklusif, tingkat pendidikan ibu, status ekonomi keluarga, pekerjaan orang tua, tinggi badan ibu, dan pelayanan kesehatan. Sedangkan faktor yang tidak mempengaruhi kejadian stunting pada balita yaitu berat badan lahir bayi, jenis kemalin, dan usia balita. Hasil wawancara menyatakan faktor yang sangat mempengaruhi kejadian stunting yaitu pemberian ASI eksklusif dan status ekonomi keluarga yang rendah. Kesimpulan : Masih banyaknya faktor yang menjadi penyebab terjadinya stunting di wilayah kerja puskesmas Labuhan Deli dan diharapkan puskesmas dapat mengatasi permasalahan tersebut sesuai dengan upaya-upaya inovasi Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang dan Peraturan Presiden Republik Indonesia No 72 tahun 2021.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stunting, Puskesmas, Faktor-Faktor
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Tiopan Daris Siregar
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:18
Last Modified: 07 Dec 2023 08:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21026

Actions (login required)

View Item View Item