Pengaruh Model Doscovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pelajaran IPA

Nasution, Khoiriah (2022) Pengaruh Model Doscovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pelajaran IPA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
ilovepdf_merged_(2)_(1)_(1)_(1)_(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II_OKE_compressed.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB_III_ria_oke.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB_IV_compressed_(1).pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (649kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_compressed_(1)_(1).pdf

Download (402kB)

Abstract

Model discovery learning merupakan suatu model untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan dan menyelidiki sendiri, sehingga hasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar, dengan jenis kuantitatif eksperimen melalui pendekatan Preexperimental Designs hanya melibatkan satu kelas (One-Group Pretest�Posttest). Populasi dan sampel yaitu kelas V yang berjumlah 22 siswa. Instrumen tes yang digunakan berupa essai pretest dan posttest sebanyak 4 soal yang telah di validkan ke dosen ahli. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model discovery learning memperoleh nilai rata-rata tes awal (pretest) sebesar 62,55dengan standart deviasi 8,916 akhir (posttest) sebesar 84,09 dengan standar deviasi 6,921. Berdasarkan pengujian normalitas dan homogenitas yang dilakukan diperoleh bahwa sampel memiliki varians yang normal dan homogen. Hasil uji hipotesis statistik t diperoleh hasil sig 000 < 0,05 yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pelajaran IPA.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nadzalya Amalika
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:22
Last Modified: 07 Dec 2023 06:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21015

Actions (login required)

View Item View Item