Pengaruh Strategi Pembelajaran Resource Based Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PKn di MIS Al-Ittihadiyah Berastagi

Br Ginting, Dwi Ega Pratiwi (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Resource Based Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PKn di MIS Al-Ittihadiyah Berastagi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_DWI_EGA_PRATIWI_BR_GINTING_2017.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB_I_DWI_EGA_PRATIWI_BR_GINTING.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB_II_DWI_EGA_PRATIWI_BR_GINTING.pdf

Download (919kB)
[img] Text
BAB_III_KUANTITATIF_DWI_EGA_PRATIWI_BR_GINTING.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB_IV_DWI_EGA_PRATIWI_BR_GINTING.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB_V_DWI_EGA_PRATIWI_BR_GINTING.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAPUS_DAN_LAMPIRAN_DWI_EGA_PRATIWI_BR_GINTING.pdf

Download (678kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran RBL terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn Kelas IV MIS AlIttihadiyah Berastagi. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 58 orang yaitu kelas IV-A dan kelas IV-B. Instrument atau teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini adalah bentuk angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar peseta didik yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran RBL lebih tinggi dari motivasi belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab. 2) Hasil uji statistik menunjukkann motivasi belajar peserta didik dengan strategi pembelajarann RBL adalah menyajikan angket kepada siswa. 3) Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung >ttabel yaitu 6,726>2,000 pada taraf α=0,05. Hal ini berarti hipotessis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran RBL terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn Kelas IV MIS A- lttihadiyah Berastagi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran RBL, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:53
Last Modified: 05 Dec 2023 01:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20810

Actions (login required)

View Item View Item