Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMA Negeri 1 Binjai

Arhan, Rizqi Fakhrurrozi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMA Negeri 1 Binjai. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
organized.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (834kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Binjai. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional dan kurangnya media pembelajaran sehingga mengakibatkan kurangnya minat belajar siswa, hal ini yang melatarbelakangi penulis untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) agar dengan menggunakan model pembelajaran tersebut hasil belajar siswa akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk Mengetahui Pelaksanaan Model Pembelajaran PBL di SMA Negeri 1 Binjai. (2) Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Binjai. (3) Untuk Mengetahui Pengaruh Yang Signifikan Dari Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Binjai. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain peneltian True Experimental Design, Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa Kelas XI Semester II SMA N 1 Binjai Tahun Ajaran 2022/2023, sampel penelitian kelas XI MIPA I dengan jumlah siswa 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA IV dengan jumlah 36 orang siswa sebagai kelas control. Analisis data penelitian menggunakan Ms. Excel. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Binjai, yang dapat dilihat dari uji hipotesis dengan Uji-t bahwa nilai t. Hitung > t. Tabel atau 4,868 > 1,994 dengan keputusan hipotesis Ha diterima dan Ho Ditolak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Mickael Halomoan Harahap
Date Deposited: 03 Dec 2023 11:53
Last Modified: 03 Dec 2023 11:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20779

Actions (login required)

View Item View Item