Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Sosial Melalu Pembelajaran IPS Siswa MTs Yayasan Pendidikan Qur’an Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan

Fitriani, Fitriani (2021) Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Sosial Melalu Pembelajaran IPS Siswa MTs Yayasan Pendidikan Qur’an Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB_II-1.pdf

Download (743kB)
[img] Text
BAB_III-1.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB_IV-1.pdf

Download (998kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (499kB)
[img] Text
Daftar_Puskataka_dan_Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran guru dalam penanaman sikap sosial melalalui pembelajaran IPS pada siswa MTS Yayasan Pendidikan Qur’an, 2) hasil penanaman siskap sosial siswa melalui pembelajaran IPS siswa MTS Yayasan Pendidikan Qur’an, 3) kendala yang dihadapi oleh guru pada saat penanaman sikap sosial pada siswa MTS Yayasan Pendidikan Qur’an. Penelitian yang dilakukan ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peran guru dalam penanaman sikap sosial melalui pembelajaran IPS guru berperan sebagai model, berperan sebagai anggota masyarakat, berperan sebagai pemimpin, berperan sebagai administrator, berperan sebagai pengelola pembelajran. 2) Hasil penanaman sikap sosial melalui Pembelajaran IPS pada siswa kelas IX MTs Yayasan Pendidikan Qur’an Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan kesadaran akan sikap sosial disiplin diri, sikap sosial tolong menolong, dan sikap sosial kerjasama berada pada persentase sangat baik. 3)Kendala yang dihadapi oleh guru pada saat penanaman sikap sosial melalui pembelajaran IPS dipengaruhi oleh : lingkungan keluarga, teknologi smartphone, lingkungan masyarakat tempat anak tinggal dan waktu pembelajaran yang minim di sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Sikap Sosial, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:33
Last Modified: 07 Sep 2023 08:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20347

Actions (login required)

View Item View Item