Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Pemenuhan Hak Rakyat Atas Sistem Penyediaan Air Minum Ditinjau dari Pp No. 122 Tahun 2015 Tentang Sistem Penyediaan Air Minum (Studi Kasus Upt Air Bersih Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara)

Utami, Andini Rizki (2022) Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Pemenuhan Hak Rakyat Atas Sistem Penyediaan Air Minum Ditinjau dari Pp No. 122 Tahun 2015 Tentang Sistem Penyediaan Air Minum (Studi Kasus Upt Air Bersih Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_ANDINI_RIZKI_UTAMI.pdf

Download (998kB)
[img] Text
BAB_I_ANDINI_RIZKI_UTAMI.pdf

Download (822kB)
[img] Text
BAB_II_ANDINI_RIZKI_UTAMI.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB_III_ANDINI_RIZKI_UTAMI.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB_IV_ANDINI_RIZKI_UTAMI.pdf

Download (969kB)
[img] Text
BAB_V_ANDINI_RIZKI_UTAMI.pdf

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_ANDINI_RIZKI_UTAMI.pdf

Download (786kB)

Abstract

Penyediaan air minum merupakan salah satu kebutuhan dasar dan hak sosial masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Kegiatan menyediakan air minum diselenggarakan untuk memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat untuk memenuhi hak rakyat atas air minum, hal ini tercantum dalam pasal 2 ayat (1) Peraturan Pemerintah No. 122 Tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum. Namun fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan sistem penyediaan air di Kelurahan Gunting Saga belum terlaksana dengan baik dengan dibuktikannya pelayanan dan otorisasi pengelolaan yang belum diserahkan sepenuhnya dari pihak pemerintah daerah Labuhanbatu ke Labuhanbatu utara menyebabkan 479 pelanggan yang dirugikan dengan tidak dialirinya air ke rumah warga. Dengan distribusi pelayanan air yang tidak merata, keadaan tersebut menggambarkan persoalan penyediaan air masih sangat memprihatinkan dan hadirnya Peraturan Pemerintah No. 122 Tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum masih belum dilaksanakan dengan baik. Dalam penelitian ini, tujuan yang akan dicapai berdasarkan permasalahan diatas berupa; Untuk mengetahui bagaimana peran UPT dalam memenuhi hak rakyat atas sistem penyediaan air minum di Gunting Saga. Untuk mengetahui bagaimana implementasi PP No. 122 Tahun 2015 Tentang sistem penyediaan air minum di Gunting Saga. Untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah terhadap pemenuhan hak rakyat atas sistem penyedian air minum di Gunting Saga, menurut PP No. 122 Tahun 2015. Dalam penelitian skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis empiris yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku dan dikaitkan dengan apa yang terjadi di masyarakat. Kemudian terjun langsung ke lapangan melihat bagaimana peraturan tersebut diterapkan dan dapat dianalisis dan diinterpretasikan melalui data yang terkumpul, menggunakan sumber data yaitu primer, sekunder dan tersier. Data primer didapatkan dari wawancara langsung ke bagian staff dan koordinator Kantor UPT Air Bersih Gunting Saga dan beberapa masyarakat Gunting Saga. Data sekunder didapatkan dari berbagai literature seperti buku, jurnal yang berhubungan dengan penelitian. Data tersier didapatkan dari internet, media cetak berupa berita dan artikel hasil wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan hak rakyat atas sistem penyediaan air minum menurut implementasi Peraturan Pemerintah No. 122 Tahun 2015 Tentang Sistem Penyediaan Air Minum tidak terealisasikan dikarenakan faktor administrasi terkait hak guna yang belum diselesaikan dan diserah terima dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu ke Pemerintah Labuhanbatu Utara serta keuangan daerah yang tidak memadai sehingga UPT Air Bersih Gunting Saga belum mampu memenuhi kebutuhan hak rakyat atas penyediaan air minum

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Penyediaan Air Minum, PP No. 122 Tahun 2015, Pemenuhan hak
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Sep 2023 08:05
Last Modified: 05 Sep 2023 08:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20317

Actions (login required)

View Item View Item