Kemampuan Guru dalam Menyusun Rancangan Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMP Negeri 2 Putri Betung

Asmaini, Asmaini (2022) Kemampuan Guru dalam Menyusun Rancangan Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMP Negeri 2 Putri Betung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_Asmaini.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB_II_Asmaini.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB_III_Asmaini.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB_IV_Asmaini-dikompresi.pdf

Download (870kB)
[img] Text
BAB_V_Asmaini.pdf

Download (398kB)
[img] Text
dapus_asmaini_compressed_(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Putri Betung. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif analis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran kelas VIII SMP Negeri 2 Putri Betung (2) mengetahui kendala-kendala guru IPS dalam menyusun dan melaksanakan rencana pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Putri Betung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru IPS (i) guru telah menunjukkan kemampuan dalam menyusun silabus dengan mengikuti hampir semua tahapan dan komponen penyusunan silabus. Hanya saja dari 8 komponen penyusunan silabus terkadang masih ada guru yang melewatkan komponen. (ii) guru telah menunjukkan kemampuan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mengikuti hampir semua tahapan dan komponen penyusunan RPP. Hanya saja dari 9 komponen penyusunan RPP terkadang masih ada guru yang melewatkan satu atau dua komponen yaitu identitas RPP. (iii) guru telah menunjukkan kemampuan dalam menyusun penilaian dengan mengikuti hampir semua tahapan dan komponen penyusunan penilaian. Penilaian yang digunakan yaitu penilaian afektif, kognitif dan psikomotorik. (2) kendala yang dihadapi guru dalam hal menyusun rancangan pelaksaan pembelajaran yaitu. guru kesulitan menjabar KD pada Indikator dan kurangnya sarana pembelajaran seperti LCD dan buku pedoman guru, yang masih belom ada revisi terbaru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:37
Last Modified: 30 Aug 2023 03:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20295

Actions (login required)

View Item View Item