Pengaruh Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V MIS Ad-dakwah Kabanjahe

Rohani, Sae Windri (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V MIS Ad-dakwah Kabanjahe. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SAEEE_compressed.pdf

Download (183kB)
[img] Text
SKRIPSI_SAE_WINDRI_ROHANI_BAB_I-1.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB_II_SAE_WINDRI_ROHANI_compressed.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB_III_SAE_WINDRI_ROHANI_compressed.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB_IV_SAE_WINDRI_ROHANI_compressed.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB_V_SAE_WINDRI_ROHANI_compressed.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_SAE_WINDRI_compressed.pdf

Download (402kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa di kelas kontrol sebelum menggunakan media pembelajaran video pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V MIS Ad-dakwah Kabanjahe. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa di kelas eksperimen sesudah menggunakan media pembelajaran video pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V MIS Ad�dakwah kabanjahe. 3) Mendeskripsikan pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media pembelajaran video pada mata pelejaran bahasa Indonesia kelas V MIS Ad-dakwah Kabanjahe. Temuan penelitian ini sebagai berikut : Metode Penelitian yang dilakukan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 42 siswa. yang mana Kelas V-A disebut Kelas Eksperimen yang berjumlah 21 Siswa dan kelas V-B disebut kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa. Instrumen test yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes soal pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan menggunakan tes Pre Test dan Post Tes. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh thitung > ttabel yaitu 2.546 > 2.021 (n = 21) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5 % yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat Disimpulkan bahwa penggunaan Media Pembelajaran Video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas V di MIS Ad-dakwah Kabanjahe.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:02
Last Modified: 18 Aug 2023 08:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20257

Actions (login required)

View Item View Item