Sakbaniar, Sakbaniar (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs Negeri Kabanjahe, Kabupaten Karo. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
1_COVER.pdf Download (593kB) |
|
Text
2__BAB_I.pdf Download (276kB) |
|
Text
3__BAB_II.pdf Download (671kB) |
|
Text
4__BAB_III.pdf Download (349kB) |
|
Text
5__BAB_IV.pdf Download (418kB) |
|
Text
6__BAB_V.pdf Download (225kB) |
|
Text
7__DAFTAR_PUSTAKA_compressed_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VII MTs Negeri Kabanjahe, Kabupaten Karo. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas VII MTs Negeri Kabanjahe, Kabupaten Karo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental desain (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi kelas VII yang berjumlah 194 siswa. Adapun sampel dari penelitian ini terdiri dari 2 (dua) kelas yaitu kelas VII-1 dan kelas VII-2 yang terdiri dari 60 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda berjumlah 10 soal yang sudah divalidkan terlebih dahulu. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Temuan penelitian ini sebagai berikut: Hasil belajar IPS pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) diperoleh nilai rata-rata post-test, yaitu 85,333. Sedangkan pada kelas kontrol (VII-2) dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori diperoleh nilai rata-rata post-test, yaitu 82,666. Berdasarkan hasil rata�rata post-test, dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) memiliki hasil yang lebih baik. Berdasarkan Uji Statistik t pada post-test bahwa diperoleh = 3,346 > 2,001 (n=30) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan bahwa diterima dan ditolak. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS kelas VII di MTs Negeri Kabanjahe, Kabupaten Karo.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 05:14 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 05:14 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20245 |
Actions (login required)
View Item |