Pelaksanaan pembelajaran fikih dengan pendekatanm scientific learning kurikulum 2013 di MTs Amaliyah Kecamatan Sunggal kabupaten Deli Serdang

Abdillah, Allif Rizky (2022) Pelaksanaan pembelajaran fikih dengan pendekatanm scientific learning kurikulum 2013 di MTs Amaliyah Kecamatan Sunggal kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_PUSTAKA_ALIF.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_ALIF.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB_II_ALIF.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB_III_ALIF.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB_IV_ALIF.pdf

Download (738kB)
[img] Text
REVISI_BAB_V_ALIF.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan, pembelajaran Fikih melalui pendekatan Scientific Learning Kurikulum 2013 Di MTs Amaliyah Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran Fikih melalui pendekatan Scientific Learning Kurikulum 2013 Di MTs Amaliyah Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Untuk mengetahui proses Evaluasi pembelajaran Fikih melalui pendekatan Scientific Learning Kurikulum 2013 Di MTs Amaliyah Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan Analisis Deskriptif , dengan tujuan menggambarkan data, dan kejadian yang terjadi, untuk kemudian dianalisis dalam bentuk deskripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Fikih melalui pendekatan Scientific Learning Kurikulum 2013. Dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, hingga Evaluasi Di MTs Amaliyah Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian yang digunakan , diantaranya Kepala Madrasah, dan Guru mata pelajaran Fikih Di MTs Amaliyah Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan Teknik Analisis Data digunakan adalah Reduksi Data, Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Fikih dengan menerapkan pendekatan Scientific Learning belum sepenuhnya dapat terlaksana dengan baik. Perencanaan pembelajaran Fikih melalui pendekatan Scientific Learning Kurikulum 2013 Di MTs Amaliyah Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang sudah berpedoman Silabus dan RPP yang di rancang oleh Guru Mata pelajaran Fikih sudah sesuai dengan PERMENDIKBUD Nomor 22 Tahun 2016 Mengenai Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah yang disesuaikan dengan kemampuan kondisi peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran pembelajaran Fikih melalui pendekatan Scientific Learning Kurikulum 2013 Di MTs Amaliyah Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini berdasarkan pengamatan, wawancara, maupun studi dokumentasi dengan Guru Fikih, dimana dalam hal ini implikasi langkah-langkah pendekatan Scientific Learning Kurikulum 2013 pada pelajaran Fikih di kelas dilaksanakan dengan baik, Proses Evaluasi Pembelajaran Fikih melalui Pendekatan Scientific Learning Kurikulum 2013 Di MTs Amaliyah Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. belum dapat dilaksanakan dengan maksimal, hal ini berdasarkan belum dilaksanakan penilaian secara keterampilan (Psikomotorik), secara maksimal. Berdasarkan hasil pengamatan. Guru Fikih hanya melaksanakan Tes Praktik Dan proyek. Hal ini didukung dari informasi hasil wawancara, dan Dokumen (RPP, Buku, Dll).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi Pembelajaran Fikih Pendekatan Scientific Learning, Kurikulum 2013
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:29
Last Modified: 31 Jul 2023 04:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20118

Actions (login required)

View Item View Item