Peran Guru Bk Dalam Meminimalisir Penggunaan Media Sosial Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Ulum Medan

Siregar, Feby Sahfitri (2023) Peran Guru Bk Dalam Meminimalisir Penggunaan Media Sosial Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Ulum Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER FEBY.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB I FEBY.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB II FEBY SAHFITRI SIREGAR.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB III FEBY SAHFITRI SIREGAR.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV FEBY SAHFITRI SIREGAR.pdf

Download (780kB)
[img] Text
BAB V FEBY SAHFITRI SIREGAR.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FEBY SAHFITRI SIREGAR.pdf

Download (851kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penggunaan media sosial terhadap siswa di MTs Al-Ulum Medan, untuk mengetahui bentuk layanan yang diberikan guru BK kepada siswa dalam meminimalisir penggunaan media sosial di MTs Al-Ulum Medan, dan untuk mengetahui strategi guru BK dalam meminimalisir penggunaan media sosial pada siswa di MTs Al-Ulum Medan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriprif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Guru BK, Guru Mata Pelajaran, dan Siswa. Pengolahan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian: 1) Dampak dari media sosial, dampak positifnya yaitu mempermudah kegiatan belajar, mencari atau menambah teman dan bertemu kembali dengan teman lama, dan menghilangkan kepenatan dalam belajar dan dampak negatifnya siswa jadi malas belajar, merusan moral siswa dalam belajar. Sedangkan dampak negatifnya yaitu berkurangnya waktu belajar, mengganggu konsentarasi belajar baik dirumah maupun di sekolah, dan media sosial jika terlalu sering digunakan maka akan merusak moral belajar siswa. 2) Strategi yang digunakan guru BK dalam meminimalisir penggunaan media sosial pada siswa yaitu dengan mengarahkan siswa dalam memberikan layanan informasi, ketika dalam proses pembelajaran, siswa dilarang menggunakan handphone, maka handphone tersebut akan disita, dan apabila pembelajaran menggunakan media sosial guru akan memperbolehkan siswa untuk membuka handphone. 3) Peran guru BK dalam meminimalisir penggunaan media sosial pada siswa yaitu dengan menjadi mediator antar siswa dan memberikan pengarahan dengan menggunakan layanan informasi dan layanan bimbingan kelompok tentang dampak dari penggunaan media sosial bagi siswa MTs Al-Ulum Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK, Mengurang Penggunaan Media Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jul 2023 09:03
Last Modified: 27 Jul 2023 09:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20097

Actions (login required)

View Item View Item