Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 057219 Sawit Seberang

Ramadhana, Nurshinta (2023) Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 057219 Sawit Seberang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB II-2.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB III-2.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV-2.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SHINTA-1.pdf

Download (991kB)

Abstract

Soal cerita adalah soal tertentu yang dalam penyelesaiannya membutuhkan kemampuan membaca yang baik dan merupakan salah satu syarat untuk dapat memahami isi pokok dari soal tersebut. Pokok bahasan matematika yang dirasakan sulit oleh siswa adalah operasi hitung campuran yang ditulis dalam bentuk soal cerita. Peneliti ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang benar dan dapat dipercaya tentang kesulitan belajar matematiika siswa dalam bentuk soal cerita. Metode pembahasan yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Peneliti ini dilakukan di SD Negeri 057219 Sawit Seberang sejak bulan Agustus–September 2022 dan peneliti ini dilakukan di kelas IV yang secara keseluruhannya berjumlah 42 responden. Peneliti adalah guru bidang studi matematika di SD tersebut yang secara langsung menyaksikan dan mengamati pembelajaran yang diikuti oleh responden. Kedudukan peneliti dalam penelitian ini adalah sebagai pengajar, perencana, pelaksana, pengumpuldata, dan analisis data. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pengamatan tes soal dalam bentuk cerita. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan adalah menggunakan trigulasi. Berdasarkan hasil pengamatan masih banyak responden yang melakukan kesalahan dalam mengaerjakan soal diantaranya, kesalahan dalam mengubah soal cerita kedalam kalimat matematika dan penggunaan operasi hitung. Pada umumnya siswa kesulitan dalam mengerjakan soal cerita yang disajikan dalam bentuk soal cerita. Selain itu juga responden tidak menguasai perkalian hasil sampai 100. Sesuai dengan temuan di lapangan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kesulitan- kesulitan yang dilakukan responden diantaranya kesulitan dalam memahami konsep dan materi, menguasai dan menggunakan operasi hitung, misalnya perkalian dan pembagian. Sedangkan faktor- faktor yang menyebabkan responden mengalami kesulitan belajar operasi hitung campuran diantaranya kurangnya penguasaan mereka dalam konsep perkalian dan pembagian, kurangnya waktu yang disediakan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar; matematika; materi operasi hitung campuran.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:44
Last Modified: 21 Jul 2023 08:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20044

Actions (login required)

View Item View Item