Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Kalor Dan Perubahannya Melalui Strategi Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 105451 Silau Padang

Yulita, Rani (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Kalor Dan Perubahannya Melalui Strategi Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 105451 Silau Padang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Rani_Yuli_-_Cover-1_(1)_(2)_(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rani_Yuli_-_Bab_I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
Rani_Yuli_-_Bab_II.pdf

Download (633kB)
[img] Text
Rani_Yuli_-_Bab_III.pdf

Download (533kB)
[img] Text
Rani_Yuli_-_Bab_IV.pdf

Download (828kB)
[img] Text
Rani_Yuli_-_Bab_V.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Rani_Yuli_-_Dapus_n_Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Proses pembelajaran IPA; 2) Hasil belajar Siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Discovery Learning; 3) peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 105451 Silau Padang kecamatan Sipispis kabupaten Serdang Bedagai. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas V Dengan jumlah siswa 23 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : 1) proses pembelajaran IPA guru masih menggunakan model konvensional, banyak siswa yang bosan, sulit dalam memahami materi pelajaran, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. 2) hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Discovery Learning nilai rata-rata 51, 30 dengan siswa yang tuntas berjumlah 5 siswa (21,73%), hasil belajar siswa setelah menggunakan model Discovery Learning berdasarkan hasil penelitian siklus I memiliki nilai rata-rata 59,78 dengan siswa yang tuntas 10 siswa (43,47%) namun belum mencapai nilai ketuntasan klasikal, maka perlu dilanjutkan ke siklus II diperoleh nilai rata-rata 66,73 dengan siswa yang tuntas 13 siswa (56,52%) namun belum mencapai nilai ketuntasan klasikal, maka perlu dilanjutkan ke siklus III diperoleh nilai rata-rata 73,47 dengan siswa yang tuntas 17 siswa (73,91%). 3) penggunaan model pembelajaran Discovery Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Pelajaran IPA, Model Discovery Learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:10
Last Modified: 17 Jul 2023 03:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19985

Actions (login required)

View Item View Item