Pengaruh Blended Learning Dengan Model Kooperatif Tipe STAD Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 12 Medan.

Harahap, Endang Lestari (2023) Pengaruh Blended Learning Dengan Model Kooperatif Tipe STAD Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 12 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover skripsi endang revisi.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB I -Endang.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II - Endang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
BAB III- Endang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV - Endang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB V- Endang.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FIX-Endang.pdf

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar matematika terkhusus pada materi bilangan bulat kelas VII. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan Blended Learning dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Edmodo terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini ada 30 orang kelas VII A dan VII B SMP N 12 Negeri 12 Medan. Penelitian ini menggunakan treatment blended Learning dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Edmodo yang diberikan kepada siswa untuk mempengaruhi hasil belajar kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan Blended learning dalam model pembelajaran koperatif tipe STAD berbasis edmodo memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar anak. Keadaaan ini dapat dilihat dari hasil uji hasil t hitung menunjukkan hasil 11.268 dan t tabel df 29 dengan taraf 0.05 1.710. Hasil belajar siswa mengenai materi bilangan bulat menunjukkan peningkatan yang signifikan hal ini terlihat dari perubahan hasil pre-test dan postest yang dilakukan pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa 30 siswa mendapatkan nilai sama atau lebih dari 70 yang merupakan KKM pembelajaran matematika. Sedangkan pada kelas kontrol hanya 7 dari 30 amak yang mendapati nilai sama atau lebih dari 70 peningkatan ini terjadi dikarena pengulangan soal. Rata-rata nilai kelas kontrol menunjukkan 59 dan kelas eksperimen 84.67 kemudian sebagian besar siswa pada kelas kontrol mendapat nilai 60 dan kelas eksperimen 80.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Edmodo, STAD
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 19 Jun 2023 05:27
Last Modified: 27 Jun 2023 01:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19602

Actions (login required)

View Item View Item