Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecanduan Instagram Di SMP Negeri 1 Barumun

Nasution, Nur Hafifah (2023) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecanduan Instagram Di SMP Negeri 1 Barumun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Nur Hafifah Nasution COVER-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Hafifah Nasution BAB I.pdf

Download (946kB)
[img] Text
Nur Hafifah Nasution BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Nur Hafifah Nasution BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Nur Hafifah Nasution BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Nur Hafifah Nasution BAB V.pdf

Download (396kB)
[img] Text
Nur Hafifah Nasution DAFTAR PUSTAKA Dan LAMPIRAN-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan mutu pendidikan terletak bagaimana bimbingan dan konseling itu membangun manusia yag seutuhnya dari berbagai aspek yang ada dalam diri peserta didik. Dalam keseluruhan kegiatan pendidikan khususnya pada tatanan persekolahan, layanan bimbingan dan konseling mempunyai posisi dan dan peran yang cukup penting dan strategis agar peserta didik dapat berkembang secara optimal melalui proses pembelajaran, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pribadi agar dapat membantu keseluruhan proses belajarnya. Penelitian ini dilakukan karena melihat situasi sekarang ini. Peserta didik mengalami masalah kecanduan instagram. Hal ini menimbulkan kecemasan pada peserta didik agar peran guru bimbingan dan konseling. Untuk itulah penelitian dilakukan agar membantu dan memberikan kemudahan kepada peserta didik mengenai problematika kecanduan instagram yang mereka alami. Dalam peran guru bimbingan dan konseling merupakan saran untuk menunjang perkembangan optimal masing-masing siswa, yang diharapkan dapat mengambil manfaat dari pengalaman pendidikan ini bagi dirinya sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif case research (studi kasus) berupa tindakan langsung kepada subjek penelitian, yaitu penelitian kualitatif yang bertujuan mendapatkan hasil secara deskriptif sekaligus berinteraksi langsung dengan peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui problematika kecanduan instagram tatap muka sebelum dan sesudah dilakukannya peran guru bimbingan dan konseling, serta untuk mengetahui bahwa apakah peran guru bimbingan dan konseling ini bisa mengatasi problematika kecanduan instagram tatap muka pada siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru BK, Kecanduan Instagram
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:23
Last Modified: 19 Jun 2023 03:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19584

Actions (login required)

View Item View Item