Penggunaan Media Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Serta Maharah Kalam Siswa Kelas VII SMP IT Al-Maksum Sunggal

Chandra, Aliya Rahmainy (2022) Penggunaan Media Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Serta Maharah Kalam Siswa Kelas VII SMP IT Al-Maksum Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER PERPUS FIX ALIYA RAHMAINY CHADRA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 Aliya Rahmainy Chandra.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB 2 Aliya Rahmainy Chandra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
BAB 3 Aliya Rahmainy Chandra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB 4 Aliya Rahmainy Chandra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
BAB 5 Aliya Rahmainy Chandra.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran Aliya Rahmainy Chandra.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prestasi siswa dalam kosakata menggunakan Aplikasi Duolingo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP IT Al-Maksum Sunggal yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel 73 siswa. Peneliti memberikan 25 pertanyaan tentang kosakata untuk mengumpulkan data dalam pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa rata-rata nilai pre-test di kelas eksperimen adalah 57,30 dan di kelas kontrol adalah 49,56. Sedangkan rata-rata nilai post-test yang diperoleh di kelas eksperimen adalah 82,49 dan di kelas kontrol adalah 70,22. Selain hasil tersebut, penggunaan Aplikasi Duolingo memiliki pengaruh yang signifikan sebagai media dalam proses belajar mengajar bahasa Arab. Instrumen lainnya adalah pemberian angket untuk mengukur persepsi siswa terhadap penggunaan Aplikasi Duolingo dan peneliti menemukan bahwa sebagian besar siswa setuju menggunakan Aplikasi Duolingo dapat membuat mereka lebih tertarik pada proses belajar mengajar bahasa Arab terutama ketika belajar kosakata dan maharah kalam. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada siswa yang menjawab tidak setuju terhadap angket yang telah diberikan oleh peneliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi duolingo dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab dan maharah kalam siswa kelas VII SMP IT Al-Maksum Sunggal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kosakata, Keterampilan Berbicara, Aplikasi Duolingo
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Jun 2023 04:04
Last Modified: 02 Jun 2023 04:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19418

Actions (login required)

View Item View Item