Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Cacah Tema 2 Subtema 1 di MIS’Aisyiyah Bandar Kalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Rahman, Anisa (2023) Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Cacah Tema 2 Subtema 1 di MIS’Aisyiyah Bandar Kalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (487kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini yang telah dilakukan memiliki judul “Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Cacah Tema 2 Subtema 1 di MIS’Aisyiyah Bandar Kalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang”. Dengan variabel X yaitu pengaruh media audio visual dan variabel Y yaitu hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Adapun penelitian ini dilakukan yang bertujuan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III serta dalam kegiatan belajar mengajar masih belum terlaksana dengan baik yang menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik merasa jenuh dan tidak berperan aktif dalam kegiatan belajar tersebut. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan model penelitian Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Penelitian ini memiliki populasi yaitu seluruh peserta didik dikelas III MIS ‘Aisyiyah Bandar Kalipah, sedangkan sampelnya adalah 25 peserta didik kelas III yang dimana 13 peserta didik dikelas III C sebagai kelas eksperimen, dan 12 peserta didik kelas III B sebagai kelas kontrol. Kelas kontrol tidak diberikan perlakuan hanya saja belajar menggunakan metode konvensional, sedangkan dikelas eksperimen diberi perlakuan berupa menggunakan media audio visual dalam kegiatan belajar. Hasil pengujian hipotesis pada data postest diperoleh dengan nilai thitung = 5,9461 dan nilai ttabel = 2,0687. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > nilai ttabel (5,9461 > 2,0687), dengan demikian pada α = 0,05 dapat ditentukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya “Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi bilangan cacah tema 2 subtema 1 di MIS ‘Aisyiyah Bandar Kalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.”

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Hasil Belajar Peserta Didik, Matematika.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 May 2023 07:10
Last Modified: 26 May 2023 07:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19394

Actions (login required)

View Item View Item