Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Tranportasi Melalui Model kooperatif jigsaw di kelas IV Al-ittihadiyah Dusun I Kamboja Kabupaten Deli Serdang Kecamatan Percut Sei Tuan tahun 2019/2020

Harahap, Rosdelima (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Tranportasi Melalui Model kooperatif jigsaw di kelas IV Al-ittihadiyah Dusun I Kamboja Kabupaten Deli Serdang Kecamatan Percut Sei Tuan tahun 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
CAver Revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I hARAHAP.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II Harahap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB III hARAHAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB V hARAHAP.pdf

Download (162kB)
[img] Text
dAFTAR Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan kepada rendahnya pemahaman siswa tentang pelajaran IPS materi PerkembanganTransportasi di kelas IV SD Al- Ittihadiyah dengan nilai rata-rata kelas pada tes awal adalah sebesar 36,66 di mana siswa yang berhasil mencapai ketuntasan adalah 3 siswa (10%). Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dalam belajar pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Transportasi dengan menggunakan Model Kooperatif Jigsaw pada kelas IVSDAl Ittihadiyah. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD AlIttihadiyah dengan jumlah siswa 30 orang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman siswa dalam belajar mata pelajaran IPS materi Perkembangan Transportasi meningkat .Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 64,33 dan jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 18 siswa atau sebesar 60,00%. Kemudian pada siklus II nilai rata rata kelas meningkat menjadi 84,00 dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai ketuntasan 26 siswa atau sebesar 86,66%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dibuktikan bahwa penggunaan pembelajaran model jigsaw terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran siswa dalam belajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran model kooperatif Jigsaw
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 May 2023 04:16
Last Modified: 23 May 2023 04:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19311

Actions (login required)

View Item View Item