Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website pada Pembelajaran Isim, Fiil dan Huruf di Asrama Manhalun Nabigin Indrakasih Medan

Alpian, Sabri (2021) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website pada Pembelajaran Isim, Fiil dan Huruf di Asrama Manhalun Nabigin Indrakasih Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SABRI COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SABRI BAB I.pdf

Download (584kB)
[img] Text
SABRI BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SABRI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
SABRI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] Text
SABRI BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
SABRI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan suatu produk berupa media interaktif berbasis website sebagai solusi atas persoalan- persoalan yang melatarbelakangi penelitian ini, yaitu dikarenakan pembelajaran isim, fi¶il dan huruf \ang kurang efektif dan menyebabkan speserta didik merasa bosan dan kurang termotivasi untuk melaksanakan pembelajaran. Sehingga masalah tersebut dapat menyebabkan kurangnya minat dan pengetahuan siswa terhadap pembelajaran isim, fi¶il dan huruf. Untuk mengembangkan produk media interaktif berbasis website tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian Research and Development yaitu penelitian dan pengembangan, dan terkait dalam hal mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, angket, dan observasi. Selain itu, dalam penelitian pengembangan ini meliputi beberapa tahapan-tahapan pengembangan, yaitu menemukan potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa kehadiran media interaktif berbasis website dalam pembelajaran isim, fi¶il dan huruf membuat mereka merasa bersemangat dan lebih termotivasi, sehingga penelitian dan pengembangan yang dilakukan mendapat respon yang baik dari peserta didik serta pembelajaran kitabah siswa meningkat setelah diterapkan media tersebut. Hal itu dapat dilihat dari hasil post test yang memiliki skor nilai lebih tinggi dari pre test yaitu pre test sebesar 61,6% dan post test sebesar 91,4% Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa media tersebut dikategorikan layak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 May 2023 05:10
Last Modified: 19 May 2023 05:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19243

Actions (login required)

View Item View Item