Pengembangan Buku Teks Matematika Materi Bangun Datar Berbasi Puzzle Dikelas III SD Negeri 094175 Margosono

Purnama, Sintya (2022) Pengembangan Buku Teks Matematika Materi Bangun Datar Berbasi Puzzle Dikelas III SD Negeri 094175 Margosono. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Buku teks yaitu suatu pedoman bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran didalam kelas. Buku teks digunakan siswa untuk pedoman tentang materi yang akan dipelajari, sebagai alat belajar siswa menemukan petunjuk teori ataupun konsep yang ada pada buku teks. Buku teks bagi guru sebagai pedoman dan bahan aja yang mudah dalam pembelajran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui buku tesk matematika materi bangun datar berbasi puzzle yaitu valid, praktis, dan efektif pada pemahaman konsep siswa kelas III SD Negeri 094175 Margosono. Jenis penelitian ini yakni penelitian pengembangan dan bisa disngkat deangan R&D. desain penelitian ini yakni desain Borg and Gall yang diadopsi oleh Sugiyono. Inovasi dalam pembelajaran berupa pengembangan buku teks matematika berbasis puzzle untuk menciptakan suasana belajar yang lebih efektif sehingga dapat memberikan pemahaman konsep kepada siswa. Hasil dari penelitian ini yakni buku teks matematika berbasis puzzle berdasarkan nilai yang telah diberikan oleh ahli validator mulai dari alhi media dan ahli materi dinyatakan valid. Berdasarkan uji lapangan yang dilakukan oleh peneliti bahwa penggunakan pada buku teks matematika berbasis puzzle mampu untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, hal ini dinyatakan dengan adanya peningkatan nilai sebelum dan sesudah menggunakan buku teks matematika berbasis puzzle. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangn buku teks matematika materi bangun datar berbasis puzzle layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan dan menciptakan pemhaman konsep teerhadap siswa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks Matematika Berbasis Puzzle, Valid, Praktis, dan Efektih Terhadap Pemahamn Konsep.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 May 2023 08:29
Last Modified: 12 May 2023 08:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19177

Actions (login required)

View Item View Item