Pengembangan Media Pembelajaran Kamus Berbasis Power Point Pada Pelajaran Mufradat Untuk Siswa Kelas Delapan (VIII) MTsS NU Siborong-Borong Kec. Barumun Kab. Padang Lawas

Hasibuan, Fahmi Huwaidy (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Kamus Berbasis Power Point Pada Pelajaran Mufradat Untuk Siswa Kelas Delapan (VIII) MTsS NU Siborong-Borong Kec. Barumun Kab. Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER FAHMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I FAHMI.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB II FAHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III FAHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] Text
BAB IV FAHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V FAHMI.pdf

Download (536kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FAHMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pembuatan media kamus berbasis power point, validasi media kamus berbasis power point dan hasil uji coba pengembangan media pembelajaran kamus berbasis power point pada pembelajaran mufradat untuk siswa kelas VIII MTsS NU Siborong-borong Kec. Barumun Kab. Padang Lawas. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan rumus Nilai Rata-rata dan rumus N Gain Score. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa prosedur pembuatan media kamus berbasis power point ini dengan menganalisis produk yang akan dikembangkan, mendesain produk, mengembangkan produk, uji coba lapangan dan evaluasi akhir. Dan hasil validasi media kamus berbasis power point dari ahli materi mendapatkan nilai 4.33% dengan kategori sangat praktis, dan dari ahli media mendapatkan nilai 4.61% dengan kategori sangat praktis dan dari respon siswa mendapatkan nilai 87,22% dengan kategori sangat praktis. Dan hasil uji coba pengembangan media pembelajaran kamus berbasis power point dengan perhitungan menggunakan rumus rata-rata bahwa siswa di kelas eksperimen mendapatkan nilai pre test sebesar 47.89% dan nilai dan nilai post test sebesar 81.53%. dan siswa di kelas kontrol mendapatkan nilai pre test sebesar 51.02% dan nilai post test sebesar 69.74%. Dan hasil dari ujian pre test dan post test dengan menggunakan rumus N Gain score bahwa kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 62,28%. Ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran kamus berbasis power point pada pembelajaran mufradat untuk siswa kelas VIII MTsS NU Siborong-borong Kec. Barumun Kab. Padang Lawas baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Power Point, Kosakata
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Apr 2023 05:06
Last Modified: 18 Apr 2023 05:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18904

Actions (login required)

View Item View Item