Pengaruh Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS Terhadap Kempuan Berfikir Kritik Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran

Panjaitan, Nuraini (2023) Pengaruh Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS Terhadap Kempuan Berfikir Kritik Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (803kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh literasi digital pada pembelajaran IPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengolahan datanya dalam bentuk angka. Populasi yang digunakan peneliti adalah populasi terbatas (terhingga) yaitu kelas VIII. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis data yang digunakan memakai uji regresi linier sederhana, uji normalitas, uji liniearitas dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar -1,543 sementara nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan N= 30 maka diperoleh ttabel sebesar 2,048. Kemudian variabel literasi digital memiliki tingkat signifikansi 0,134 > 0,05 yang artinya tidak signifikan. Jadi diperoleh nilai thitung < ttabel yaitu -1,543 < 2,048 maka Ha ditolak dan H0 diterima. Artinya nilai signifikansi pada regresi liniear sederhana menunjukkan nilai sebesar 0,134 > 0,05. Maka hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh literasi digital pada pembelajaran IPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran ditolak, yang berarti bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi digital pada pembelajaran IPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Sehingga dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa tidak terdapat pengaruh literasi digital pada pembelajaran IPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Pembelajaran IPS, Berpikir Kritis
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:20
Last Modified: 12 Apr 2023 04:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18732

Actions (login required)

View Item View Item