Pengaruh Metode Numbered Head Together Terhadap Belajar Matematika Pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Pada Siswa kelas IV SD Negeri 107403 Cinta Rakyat

Lubis, Annisa Ramadhani Al Husaini (2021) Pengaruh Metode Numbered Head Together Terhadap Belajar Matematika Pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Pada Siswa kelas IV SD Negeri 107403 Cinta Rakyat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 107403 Cinta Rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain Quasy Eksperimen (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 107403 Cinta Rakyat yang berjumlah 64 siswa. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu sampel yang digunakan keseluruhan dari populasi. Berdasarkan teknik tersebut maka diperoleh kelas IV-A sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Head Together. Dan kelas IV-B sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 107403 Cinta Rakyat. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil tes akhir belajar siswa sebesar adalah 81,65 (post-test) kelas eksperimen. Sedangkan hasil rata-rata dari test akhir (post-test) adalah 62,37. Hal ini dapat dibuktikan dekan post-test pada kelas kontrol adalah thitung > ttabel (15,557 > 2,040).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Numbered Head Together, Matematika dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:52
Last Modified: 12 Apr 2023 02:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18726

Actions (login required)

View Item View Item