Analisis Keterampilan Menjelaskan Guru IPS Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Masa Pandemi Covid 19 Di SMP IT Al-Hijrah 2

Hasnah, Hasnah (2021) Analisis Keterampilan Menjelaskan Guru IPS Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Masa Pandemi Covid 19 Di SMP IT Al-Hijrah 2. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (438kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (578kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persiapan guru dalam proses pembelajaran IPS masa pandemi yang berbasis daring, (2) upaya yang dilakukan guru IPS dalam keterampilan menjelaskan untuk meningkatkan minat belajar siswa masa covid 19, (3) sarana dan prasarana yang digunakan guru IPS dalam menerapkan keterampilan menjelaskan di SMP IT Al- Hijrah 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Adapun yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, dan informan lainnya yaitu kepala sekolah serta siswa kelas VIII di SMP IT Al-Hijrah 2. Adapun hasil penelitiannya adalah: Persiapan guru dalam pembelajaran IPS masa pandemi yang berbasis daring terdiri dari silabus, RPP, media pembelajaran, HP, laptop, video pembelajaran, materi dan beberapa aplikasi penunjang pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru IPS dalam keterampilan menjelaskan untuk meningkatkan minat belajar siswa masa covid 19 yaitu memberikan motivasi, memberikan contoh atau ilustrasi yang bersifat menghibur, menggunakan video-video pembelajaran untuk membantu guru dalam menjelaskan agar siswa tidak cenderung bosan. Sarana dan prasarana yang digunakan guru IPS dalam menerapkan keterampilan menjelaskan di SMP IT Al- Hijrah 2 terdiri dari HP, Laptop, Aplikasi edulink, Whatsapp group, zoom, youtube, viva video, internet dan google drive.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menjelaskan, Guru IPS, Minat Belajar.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Apr 2023 13:33
Last Modified: 11 Apr 2023 13:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18698

Actions (login required)

View Item View Item