Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Kreativitas Materi Sifat-sifat Cahaya

Harahap, Sakinah (2022) Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Kreativitas Materi Sifat-sifat Cahaya. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Watermark.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB I Watermark.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II Watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB III Watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB IV Watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V Watermark.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kreativitas Materi Sifat-sifat Cahaya”, yangdilatarbelakangi kurangnya profesionalisme guru dalam menyampaikan pembelajaran dan dimana penggunaan LKPD ini masih belum sepenuhnya sekolah atau siswa bisa menggunakannya. Dengan adanya LKPD ini bertujuan untuk meningkatkan cara berpikir kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Metodologi penelitian menggunakan pengembangan R&D (Research and Development). Penelitian Research and Development (R&D) adalah rangkaian proses atau langkah-langkah dalam mengembangkan suatu produk baru atau penyempurnaan produk yang ada agar dapat dipertanggungjawabkan. Populasi siswa adalah siswa SDN UPT060874 Medan dengan jumlah sampel 20 siswa. Teknik pengambilan sampel didasarkan pada kriteria yang yang ditetapkan oleh peneliti. Tekhnik pengambilan data dengan wawancara, tes dan angket. Alat pengelolahan data validitas menggunakan rumus skala likert. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa (1) telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya, (2) melalui LKPD ini siswa lebih aktif dan teliti dalam menjawab soal, (3) dengan LKPD ini siswa bisa mengetahui jenis dari sifat-sifat cahaya itu ada 5 jenis, (4) media pembelajaran yang lebih berfokus pada peserta didik dalam menumbuhkan kerja sama dan kemandirian dalam belajar. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka produk LKPD ini layak diterapkan oleh guru sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD yang Valid, Praktis, Efektif Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:09
Last Modified: 30 Mar 2023 04:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18344

Actions (login required)

View Item View Item