Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa

Akbar, Tarmizi (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI TARMIZI AKBAR COVER WM-.pdf

Download (872kB)
[img] Text
SKRIPSI TARMIZI AKBAR PRINT BAB I-.pdf

Download (178kB)
[img] Text
SKRIPSI TARMIZI AKBAR PRINTBAB II-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
SKRIPSI TARMIZI AKBAR PRINT BAB III-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
SKRIPSI TARMIZI AKBAR PRINT BAB IV-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
SKRIPSI TARMIZI AKBAR BAB V-.pdf

Download (147kB)
[img] Text
SKRIPSI TARMIZI AKBAR DAPUS-.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatih tipe Group Investigation terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen dalam bentuk Quasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 56 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest.. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas, uji Wilcoxon, dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian diperoleh bahwa, kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah dengan nilai rata- rata 60,07. Sedangkan kemapuan literasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation adalah dengan nilai rata-rata 78,75. Hasil uji Mann-Whitney diperoleh hasil tes statistik bahwa nilai Asymp.Sig (2- tailed) sebesar 0,002 sehingga dapat disimpulkan 0,000 < 0,05 sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan maka ditolak diterima. Melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap kemampuan literasi matematika siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan Literasi Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Mar 2023 08:33
Last Modified: 16 Mar 2023 08:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18177

Actions (login required)

View Item View Item