Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Go To Your Post Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Materi Mengamati Lingkungan Tempat Tinggal Kelas IV Sekolah Dasar

Jannah, Miftahul (2021) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Go To Your Post Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Materi Mengamati Lingkungan Tempat Tinggal Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL JANNAH COVER BARU-.pdf

Download (842kB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL JANNAH BAB 1 fiks-.pdf

Download (176kB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL JANNAH BAB II-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL JANNAH BAB III-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL JANNAH BAB IV-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL JANNAH BAB V-.pdf

Download (139kB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL JANNAH DAPUS-.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Go To Your Post terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik materi Mengamati Lingkungan Tempat Tinggal di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen dalam bentuk Quasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 42 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah dengan nilai rata-rata 72,33. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik dengan menggunakan model pembelajaran Go To Your Post adalah dengan nilai rata-rata 81,09. Hasil uji “t” diperoleh hasil tes statistik bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan 0,000 < 0,05 sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan maka H0 ditolak Ha diterima. Melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran Go To Your Post terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Tematik materi MengamaTi Lingkungan Tempat Tingal kelas IV Sekolah Dasar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Go To Your Post , Hasil Belajar Tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Mar 2023 08:28
Last Modified: 16 Mar 2023 08:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18176

Actions (login required)

View Item View Item