Sari, Maulida Indah (2020) Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Materi Keputusan Bersama Kelas V SDIT Tahfidzil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
SKRIPSI MAULIDA INDAH. Watrmrk.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (661kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (271kB) |
|
Text
SKRIPSI MAULIDA INDAH. DAPUS WM.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini 1.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi keputusan bersama sebelum menggunakan metode demonstrasi di kelas V SDIT Tahfidzil Qur’an Sumatera Utara. 2. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi pada mata pelajaran PKN materi keputusan bersama di kelas V SDIT Tahdfizil Qur’an Sumatera Utara. 3.Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi keputusan bersama sesudah menggunakan metode demonstrasi di kelas V SDIT Tahfidzil Qur’an Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Tahfidzil Qur’an Yayasan Islamic Centre semester I dengan jumlah 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan siswa saat pembelajaran PKN sebelum menggunakan metode demonstrasi mencapai 61,4% hanya 7 siswa yang tuntas dan mencapai nilai KKM. (2) hasil belajar siswa setelah menerapkan metode demosntrasi pada siklus I mencapai 75% terdapat 13 siswa yang tuntas dan mecapai KKM. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 21 siswa 85%. Dan telah mencapai ketuntasan klasikal belajar 85%. (3) hasil belajar siswa pra siklus yaitu (61,4%), siklis I (75%) dan menjadi persentase (85%) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran PKN materi keputusan bersama.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Demonstrasi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 08:48 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 08:48 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18162 |
Actions (login required)
View Item |