Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Materi Keputusan Bersama Kelas V SDIT Tahfidzil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara.

Sari, Maulida Indah (2020) Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Materi Keputusan Bersama Kelas V SDIT Tahfidzil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI MAULIDA INDAH. Watrmrk.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (661kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
SKRIPSI MAULIDA INDAH. DAPUS WM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini 1.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi keputusan bersama sebelum menggunakan metode demonstrasi di kelas V SDIT Tahfidzil Qur’an Sumatera Utara. 2. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi pada mata pelajaran PKN materi keputusan bersama di kelas V SDIT Tahdfizil Qur’an Sumatera Utara. 3.Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi keputusan bersama sesudah menggunakan metode demonstrasi di kelas V SDIT Tahfidzil Qur’an Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Tahfidzil Qur’an Yayasan Islamic Centre semester I dengan jumlah 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan siswa saat pembelajaran PKN sebelum menggunakan metode demonstrasi mencapai 61,4% hanya 7 siswa yang tuntas dan mencapai nilai KKM. (2) hasil belajar siswa setelah menerapkan metode demosntrasi pada siklus I mencapai 75% terdapat 13 siswa yang tuntas dan mecapai KKM. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 21 siswa 85%. Dan telah mencapai ketuntasan klasikal belajar 85%. (3) hasil belajar siswa pra siklus yaitu (61,4%), siklis I (75%) dan menjadi persentase (85%) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran PKN materi keputusan bersama.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Mar 2023 08:48
Last Modified: 15 Mar 2023 08:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18162

Actions (login required)

View Item View Item