Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 056623 Hinai Kanan Kecamatan Hinai Tahun Ajaran 2020/2021

Cahyani, Vina Dwi (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 056623 Hinai Kanan Kecamatan Hinai Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1 COVER 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (831kB)
[img] Text
3 BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (369kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah, 1. untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Quantum Learning SDN 056623 Hinai Kanan, 2. untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning SDN 056623 Hinai Kanan, 3. untuk mengetahui pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 056623 Hinai Kanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen dalam bentuk Quasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 44 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah dengan nilai rata-rata 63,86. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning adalah dengan nilai rata-rata 76,13. Hasil uji “t” diperoleh thitung > ttabel atau 3,485 > 2,017. Dengan demikian harga thitung lebih besar dari harga ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak pada taraf α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan model pembelajan Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata Bahasa Indonesia kelas IV SDN 056623 Hinai Kanan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Quantum Learning, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Mar 2023 08:39
Last Modified: 15 Mar 2023 08:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18161

Actions (login required)

View Item View Item