Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Suku Budaya Bangsa Di Kls IV SDN 056623 Hinai Kanan, Kec. Hinai T.A. 2020/2021

Nirwani, Leli Aulia (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Suku Budaya Bangsa Di Kls IV SDN 056623 Hinai Kanan, Kec. Hinai T.A. 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan Model Teams Games Tournament pada pembelajaran IPS, materi Keberagaman Suku Budaya Bangsa, di Kelas IV SDN 056623 Hinai Kanan 2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan Model Teams Games Tournament pada pembelajaran IPS, materi Keberagaman Suku Budaya Bangsa, di Kelas IV SDN 056623 Hinai Kanan 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament pada pembelajaran IPS, materi Keberagaman Suku Budaya Bangsa, di Kelas IV SDN 056623 Hinai Kanan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang menggunakan tahapan berupa siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 056623 Hinai Kanan yang siswanya berjumlah 27 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Teams Games Tournament mampu dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS materi keberagaman suku budaya bangsa. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik yang meningkat setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament. Pada tahap pree Test terdapat rata-rata 53,70% dengan jumlah 7 orang siswa yang tuntas. Pada siklus I rata-rata hasil belajar 71,85% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang. Pada siklus II rata-rata hasil belajar 83,33% dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,89% dengan sebanyak 24 siswa yang tuntas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Teams Games Tournament Pada Pelajaran IPS Materi Keberagaman Suku Budaya Bangsa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:41
Last Modified: 14 Mar 2023 08:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18143

Actions (login required)

View Item View Item