Pengembangan Media Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I SD Negeri 104255 Paluh Sibaji

Silvira, Siti (2021) Pengembangan Media Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I SD Negeri 104255 Paluh Sibaji. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR PUSAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan seseorang belajar. Keberhasilan sebuah proses pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya penggunaan media. Oleh karena itu peneliti menggembangkan media berupa Big Book. Media Big book adalah salah satu media yang disenangi anak-anak dan dapat dibuat sendiri oleh guru. Buku berukuran besar ini didalamnya berisi cerita singkat dengan kalimat yang sederhana dengan tulisan yang besar dan diberi gambar warna-warni sehingga memotivasi siswa dalam belajar membaca permulaan . Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase yang didapat dari validator ahli sebesar 96,47% degan kriteria “sangat valid”. Hasil penelitian berdasarkan nilai yang diperoleh pada angket respon 25 siswa memperoleh 9,6% dan angket respon guru memperoleh nilai 97,5% sehingga media Big Book dari kedua responden dinyatakan praktis dengan kriteria “sangat praktis”. Hasil penelitian berdasarkan nilai yang diperoleh siswa pada tes membaca permulaan dinyatakan efektif memperoleh nilai 9,2% dengan kategori “efektif”. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Big Book dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas I SD Negeri 104255 Paluh Sibaji dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Belajar, Big Book, Pembelajaran Membaca Permulaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Mar 2023 05:43
Last Modified: 14 Mar 2023 05:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18131

Actions (login required)

View Item View Item