Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV MIS Silaturrahim Medan

Harahap, Anita Firdaus (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV MIS Silaturrahim Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan komunikasi peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelompok eksperimen pada mata pelajaran IPS kelas IV MIS Silaturrahim Medan, 2) Kemampuan komunikasi peserta didik tanpa menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelompok kontrol pada mata pelajaran IPS kelas IV MIS Silaturrahim Medan, 3) Apakah terdapat pengaruh antara kemampuan komunikasi peserta didik dengan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas IV MIS Silaturrahim Medan. Metodologi penelitian ini menggunakan desain True Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didiki kelas IV MIS Silaturrahim Medan dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel random dari kelas IV yang dibagi menjadi dua kelompok, kelompok a (kelompok eksperimen) dan kelompok b (kelompok kontrol). Analisis data yang digunakan yaitu uji-test. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik pada data post test bahwa diperoleh strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan uji t dari kelompok eksperimen diperoleh thitung > ttabel yaitu 8 > 0,1 (n=3) dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan diterimanya Ha ditolaknya Ho sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh tHitung < tTabel yaitu -1 < 0,1 (n=3) dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan ditolaknya Ha diterimanya. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi IPS peserta didik kelas IV MIS Silaturrahim Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Komunikasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Mar 2023 10:08
Last Modified: 08 Mar 2023 10:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18059

Actions (login required)

View Item View Item