Analisis Kelayakan Isi Materi Buku Teks Biologi Kurikulum 2013 Kelas X Ditinjau Dari Aspek Literasi Lingkungan Siswa SMA/MA,

Syahpitri, Juliana (2022) Analisis Kelayakan Isi Materi Buku Teks Biologi Kurikulum 2013 Kelas X Ditinjau Dari Aspek Literasi Lingkungan Siswa SMA/MA,. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover_Skripsi Juliana Syahpitri TBIO.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB I_Skripsi Juliana Syahpitri_TBIO.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II_Skripsi Juliana Syahpitri_TBIO.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB III_ Skripsi Juliana Syahpitri_TBIO.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV_Skripsi Juliana Syahpitri_TBIO.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB V_Skripsi Juliana Syahpitri_TBIO.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Skripsi Juliana Syahpitri_TBIO.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi lingkungan pada buku teks pelajaran Biologi SMA/MA berdasarkan aspek literasi lingkungan yaitu: pengetahuan sejarah alam dan ekologi, pengetahuan isu dan masalah lingkungan, pengetahuan sosial-politik ekonomi, keterampilan kognitif, faktor- faktor yang memengaruhi dan menentukan perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan, dan perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan. Penelitian ini menganalisis 3 buku teks biologi yang berbeda penerbit. Analisis buku teks biologi kelas X ditinjau dari aspek literasi lingkungan dilakukan pada 2 bab yaitu materi ekosistem dan materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis konten. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen penilaian dengan 6 indikator dan 30 pernyataan yang sudah divalidasi oleh validator. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan didapatkan hasil presentase pada Buku I yaitu Penerbit Grafindo sebesar 31,66% (kategori cukup layak), Buku II Penerbit Intan Parawira sebesar 32,2% (kategori cukup layak), Buku II Penerbit Erlangga sebesar sebesar 32,78% (kategori cukup layak). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dari ketiga buku dianalisis dari aspek literasi lingkungan dikategorikan cukup layak dengan nilai tertinggi yaitu pada buku Penerbit Erlangga, kemudian Penerbit Intan Parawira, dan Penerbit Grafindo.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:34
Last Modified: 27 Sep 2023 07:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18016

Actions (login required)

View Item View Item