Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan kosakata Bahasa Indonesia Di TK Negeri Satu Atap Janjilobi Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas

Siregar, Risky Amaliyah (2022) Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan kosakata Bahasa Indonesia Di TK Negeri Satu Atap Janjilobi Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover lengkap skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 skripsi.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB II skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III skripsi.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
BAB IV skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
Bab v skripsi.docx.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kosakata bahasa Indonesia anak antara sebelum diberikan metode karyawisata dengan sesudah diberikannya metode karyawisata di TK Negeri Satu Janjilobi Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, dengan sampel sebanyak 28, melalui tehnik analisis data uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka terdapat nilai rata-rata sebesar 7,429 pada kelas pretest dan nilai rata-rata sebesar 19,500 pada kelas posttest. Artinya hasil nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari pada nilai pretest. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa nilai p-value tersebut kurang dari alpha (0,000 < 0,05), sehingga Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan kemampuan kosakata Bahasa Indonesia yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Sedangkan nilai rata-rata sebesar 7,714 pada kelas pretest dan nilai rata-rata sebesar 22,214 pada kelas posttest. Artinya hasil nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari pada nilai pretest. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa nilai p-value tersebut kurang dari alpha (0,000 < 0,05), sehingga Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan menggunakan kemampuan kosakata Bahasa Indonesia yang signifikan. Hasil ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode karyawawisata akan meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Indonesia di TK Negeri Satu Atap Janjilobi Kecamatan barumun Kabupaten Padang Lawas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kosakata, Metode karyawisata
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Mar 2023 08:38
Last Modified: 03 Mar 2023 08:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17988

Actions (login required)

View Item View Item