Pengembangan Media Audio Visual Kartun Dalam Penguasaan Mufrodat Pada Siswa Kelas VII di SMP IT Bina Insan Batang Kuis

Simatupang, Siti Rahmayani (2022) Pengembangan Media Audio Visual Kartun Dalam Penguasaan Mufrodat Pada Siswa Kelas VII di SMP IT Bina Insan Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Siti Rahmayani Simatupang..pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I fixxx.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB II arab fixxx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
BAB III ARab Fix PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
BAB IV arabbbb fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V ARAB Fix.pdf

Download (519kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (498kB)

Abstract

Salah satu faktor lemahnya penguasaan mufrodat pada siswa yaitu Kurangnya kemampuan guru dalam memanfaatkan fasilitas pendukung pembelajaran yang sudah tersedia yang berupa infocus, laptop, listrik yang bagus. media audio visual adalah salah satu alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran melalui gambar bergerak yang juga disertai suara, sehingga cukup menarik dan efektif jika digunakan sebagai media tambahan pada kurikulum 2013. Media audio visual yang menarik dapat membuat suasana yang menyenangkan bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual kartun serta mengetahui penilaian dari dua ahli yang terdiri dari ahli materi, dan ahli media. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model Sugiyono yang disederhanakan menjadi delapan tahapan yaitu (potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain,uji coba produk, dan revisi produk, uji coba pemakaian). Instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada ahli materi, dan ahli media dan peserta didik, untuk menguji kevalidan. Jenis data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah data kualitatif yang dianalisis menggunakan data kuantitatif berupa data angka dan diinterpretasikan dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil dari penelitian ini, menghasilkan produk media audio visual kartun yang telah memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata dari ahli materi 82%, dan ahli media 90% dengan kriteria sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa kriteria yang diperoleh media audio vsiual yakni sangat valid, sehingga dapat digunakan pada jenjang Sekolah menangah pertama sebagai salah satu alternatif media pembelajaran peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Mar 2023 04:09
Last Modified: 03 Mar 2023 04:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17959

Actions (login required)

View Item View Item