Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Di Kelompok Bermain Ar Rauf Jasmin

Siregar, Nurhayani (2022) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Di Kelompok Bermain Ar Rauf Jasmin. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER WATERMARK SKRIPSI ( NURHAYANI SIREGAR ).pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I WATERMARK SKRIPSI ( NURHAYANI SIREGAR ).pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB II WATERMARK SKRIPSI (NURHAYANI SIREGAR).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III WATERMARK SKRIPSI ( NURHAYANI SIREGAR ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SKRIPSI WATERMARK SKRIPSI ( NURHAYANI SIREGAR ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V WATERMARK SKRIPSI ( NURHAYANI SIREGAR ).pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WATERMARK (SKRIPSI NURHAYANI SIREGAR).pdf

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampun kognitif anak dalam mengenal warna belum sesuai dengan pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun. Hal ini disebabkan proses dalam mengenal warna kurang bermakna bagi anak.proses pengenalan warna dilakukan oleh guru lebih cenderung memberikan nama-nama warna dan menunjukkan warna dengan metode ceramah. Adapun tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak yang melalui kegiatan pencampuran warna dengan metode eksperimen di kelompok bermain Ar Rauf Jasmin desa masjid kecamatan batang kuis. Untuk memperoleh data dalampenelitian ini peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dari data yang dihasilkan melalui observasi dan wawancara.Berdasarkan penelitian tersebut dapat menunjukkan adanya peningkatan model pembelajar pengenalan warna mengunakan metode eksperimen pada anak usia dini. Pada masa prasiklus keseluruhan mendapatkan skor rata-rata 20,6 dan lanjut ke siklus l dimana keseluruhan anak mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 2,63 dan pada siklus ll mengalami peningkatan yang sngat pesat dengan mendanilai keseluruhan 3,9. Dari hal tersebut metode eksperimen dapat meningkpatkan atkan kemampuan mengal warna pada anak usia dini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Mengenal Warna, Metode Eksperimen
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:48
Last Modified: 28 Feb 2023 04:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17854

Actions (login required)

View Item View Item