Analisis Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Simalungun

Hairani, Ade (2022) Analisis Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam memilih dan menerapkan metode mengajar dan mengetahui keterlibatan sekolah dalam mendukung kreativitas guru IPS dalam menggunakan variasi metode mengajar mata pelajaran IPS di MTsN 1 Simalungun. Untuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh guru IPS di MTsN 1 Simalungun. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah proses pengumpulan data selesai, selanjutnya melakukan analisis data. Anlisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi Hasil temuan menunjukan kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran pada mata pelajaran IPS di MTsN 1 Simalungun sudah ditunjukan pada variasi metode yang dilaksakan dengan teknik-teknik tertentu, hal ini menjadi keunikan tersendiri pada guru IPS di MTsN 1 Simalungun. Metode yang sering digunakan guru IPS di MTsN 1 Simalungun adalah ceramah, penemuan sendiri (Inquiri), dan tanya jawab. Pemilihan metode pembelajaran guru IPS MTsN 1 Simalungun memadukan metode- metode pembelajaran untuk memudahkan siswa memahami materi pelajaran. Kemudian pihak sekolah melakukan pelatihan melalui pelatihan diselenggarakan oleh pihak sekolah dan pemerintah. Ini untuk lebih mengoptimalkan keterampilan mengajar guru dan mengatasi masalah yang mungkin timbul dalam pembelajaran, diadakan pelatihan harus sesuai dengan kebutuhan guru dalam tugas mengajarnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Metode Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:28
Last Modified: 28 Feb 2023 02:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17826

Actions (login required)

View Item View Item