Upaya Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Hidayatussalam

Putri, Poppy (2022) Upaya Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Hidayatussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Upaya Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Hidayatussalam” yang dilatar belakangi dengan keterampilan sosial yang dimiliki siswa MTs Swasta Hidayatussalam masih tergolong kurang. Terlihat adanya kelompok-kelompok ataupun geng dalam satu kelas. Anak yang cenderung hanya melakukan komunikasi dengan teman satu gengnya atau teman dekatnya saja, minimnya kerja sama dengan teman satu kelompok, sering nya siswa melanggar aturan yang di buat oleh sekolah, dan kurangnya interaksi peserta didik dengan guru dan staff yang ada di sekolah. Padahal dalam pembelajaran IPS, guru tidak hanya dituntut untuk memberikan pengetahuan kepada siswa dalam menguasai konsep-konsep yang terkait kehidupan masyarakat dan lingkungannya. Lebih dari itu guru IPS diharapkan mampu membekali peserta didik memiliki keterampilan sosial. Pengembangan keterampilan sosial siswa perlu diupayakan oleh seorang guru, mengingat keterampilan sosial merupakan salah satu kompetensi penting yang dibutuhkan oleh seseorang untuk dapat menjaga hubungan sosial secara baik dengan orang lain, Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman dan Saldana mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi data. Keabsahan data menggunakan uji dredibilitas, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya yang dilakukan guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa yaitu dengan mengajarkan siswa untuk berbicara menggunakan bahasa yang sopan, membuat kelompok belajar, mengajarkan kepada seluruh siswa untuk mencari solusi dalam menyelesaikan masalah, mengajarkan siswa untuk terbiasa menyapa dan menyalam ketika bertemu dengan orang yang ada di sekitar dan mengajarkan siswa untuk memiliki sikap toleransi antar sesame, (2) hambatan guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa yaitu umur siswa yang terhitung masih remaja yang membuat emosi nya belum stabil, teknologi yang membuat siswa menjadi acuh tak acuh terhadap orang lain, kepribadian anak yang masih malu-malu dan tidak memiliki kepercayaan diri, kurangnya komunikasi dengan keluarga dan pergaulan buruk dengan teman sebayanya, (3) solusi guru IPS untuk mengatasi hambatan dalam mengembangkan keterampilan sosial yaitu dengan memberi semangat kepada siswa untuk lebih percaya diri, mengganti kebiasan bermain gadget atau Hp dengan memberikan tugas kelompok, dan memberikan arahan kepada orang tua siswa. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka peran seorang guru IPS sangatlah penting guna mengembangkan keterampilan sosial pada siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Hidayatussalam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial, Upaya Guru, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:50
Last Modified: 22 Feb 2023 07:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17678

Actions (login required)

View Item View Item