Peran Guru dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas V SD Islam Darul Mustafa

Shofia, Wirda (2022) Peran Guru dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas V SD Islam Darul Mustafa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (914kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Peran Guru dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas V SD Islam Darul Mustafa”, yang dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan akhlak sejak dini dan melihat bagaimana peran guru dalam mengajarkan dan membimbing siswa agar berakhlak yang mulia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan didukung oleh dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas V SD Islam Darul Mustafa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Hubermen. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) siswa kelas V SD Islam Darul Mustafa sudah berakhlak yang baik untuk anak seusianya, dilihat dari cara berpakaian yang rapi, santun dalam berbicara dan disiplin dalam menghadiri kelas. (2) Peran guru dalam membentuk akhlak siswa kelas V yaitu dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode nasihat. (3) Faktor yang mendukung peran guru dalam membentuk akhlak siswa adalah kesadaran dalam diri siswa untuk berakhlak baik, lingkungan sekolah yang mendukung dan kerja sama antara guru dan orang tua. Sedangkan faktor yang menghambat adalah pengaruh dari pertemanan, dan adanya rasa ingin untuk melanggar peraturan yang ada.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran guru, akhlak siswa.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Feb 2023 05:36
Last Modified: 17 Feb 2023 05:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17550

Actions (login required)

View Item View Item