Upaya Guru BK Memberikan Pemahaman Tentang Karier Masa Depan Melalui Layanan Informasi Pada Siswa MAL UIN-SU Medan

Hayati, Ummi (2022) Upaya Guru BK Memberikan Pemahaman Tentang Karier Masa Depan Melalui Layanan Informasi Pada Siswa MAL UIN-SU Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER UMMI HAYATI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 1 UMMI HAYATI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB 2 UMMI HAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB 3 UMMI HAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
BAB 4 UMMI HAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB 5 UMMI HAYATI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA UMMI HAYATI.pdf

Download (861kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) pemahaman siswa tentang karier masa depan siswa (2) upaya guru BK memberikan pemahaman tentang karier masa depan melalui layanan informasi pada siswa (3) faktor penghambat dan penanggulangan guru BK dalam memberikan tentang karier masa depan pada siswa MAL UIN-SU Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam menganalisis data adalah dengan cara reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa :Pemahaman siswa tentang karier masa depan pada siswa MAL UIN-SU Medan siswa mempunyai kemampuan dalam menentukan pilihan kariernya dengan mengetahui siswa tersebut menyukai aktifitas tertentu, yang kemudian melahirkan suatu minat karier pada gilirannya menumbuhkan kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan tipe-tipe kepribadiannya. Dengan pemberian informasi dan tes potensi akademik serta psikotes dilakukan untuk melihat dan mengarahkan siswa untuk menentukan akan melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi atau bekerja setelah lulus dari sekolah nantinya. Faktor penghambat guru BK yaitu tidak adanya jam khusus masuk guru BK di sekolah sehingga waktunya tidak terkoordinir dengan baik. Penanggulangan yang dilakukan guru BK selalu berupaya untuk bekerjasama antara guru BK dengan para staf lainnya termasuk wali kelas dan guru mata pelajaran untuk membantu program BK di sekolah/madrasah supaya apa yang dilaksanakan program BK tercapai sesuai dengan visi dan misi sekolah/madrasah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru BK, KarierMasaDepan, LayananInformasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:24
Last Modified: 16 Feb 2023 07:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17508

Actions (login required)

View Item View Item