Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Kegiatan Outdoor Learning Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Kelompok B Di TK Bunda Khadijah Kabupaten Labuhanbatu

Ritonga, Nadya Safira (2022) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Kegiatan Outdoor Learning Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Kelompok B Di TK Bunda Khadijah Kabupaten Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER NADYA.pdf

Download (444kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (252kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (218kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui pendekatan outdoor learning pada Kelompok B Di TK Bunda Khadijah Padang Matinggi Kabupaten Labuhanbatu T.A. 2021/2022. Rumusan Masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Bunda Khadijah sebelum menggunakan kegiatan outdoor learning (2) Bagaimana Kecerdasan Interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Bunda Khadijah setelah menggunakan kegiatan outdoor learning (3) Bagaimana respon siswa atau hasil kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di Tk Bunda Khadijah setelah penerapan outdoor learning Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 9 Mei sampai 23 Mei, dengan jumlah anak yang diteliti 15 orang anak. menggunakan metode penelitian tindakan kelas partisipan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari Pra Siklus, Siklus pertama dan Siklus kedua. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil observasi selama penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapatdilihat adanya peningkatan kecerdasan interpersonal anak yang diperoleh diperoleh data kecerdasan. Dari 15 anak terdapat 10 anak mulai berkembang (66,7%) , terdapat 5 anak mencapai kriteria berkembang sesuai harapan (33,3%), 0 anak belum berkembang dan 0 anak berkembang sangat baik. Adapun persentase kemampuan klasikal pada siklus I memperoleh 33,3%. Pada siklus II dari 15 anak terdapat 2 anak kriteria berkembang sesuai harapan (13,3%), kriteria berkembang sangat baik sebanyak 13 anak (86,7%) ,0 anak kriteria belum berkembang dan 0 anak kriteria mulai berkembang. setelah adanya pendekatan outdoor learning di TK Bunda Khadijah Kabupaten Labuhanbatu

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Menari, Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2023 08:41
Last Modified: 14 Feb 2023 08:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17444

Actions (login required)

View Item View Item