Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap hasil Menulis Ringkasan Siswa kelas IV SDN 104202 Bandar Setia Tahun Ajaran 2021/2022

Pane, Nurhasanah (2022) Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap hasil Menulis Ringkasan Siswa kelas IV SDN 104202 Bandar Setia Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover sampai Daftar Gambar - Nurhasanah Pane.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan- Nurhasanah Pane.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB II - Nurhasanah Pane -PGMI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB III- Nurhasanah Pane .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB IV - Nurhasanah Pane- PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB V- Nurhasanah Pane - PGMI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN - Nurhasanah Pane - PGMI.pdf

Download (712kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan membaca pemahaman siswa kelas empat di kelas bahasa Indonesia di SD Negeri 104202 Bandar Setia dipengaruhi oleh hasil menulis ringkasan mereka. Untuk melakukan penelitian ini, desain eksperimen semua digunakan dengan siswa kelas empat di SD Negeri 104202 Bandar Setia. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV eksperimen A berjumlah 25 siswa, sedangkan Kelas IV kontrol B berjumlah 25 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan membaca pemahaman siswa mempengaruhi kemampuan mereka untuk menulis ringkasan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Kelas IV SD Negeri 104202 Bandar Setia diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Membaca, memahami, dan menulis rangkuman siswa secara substansial berhubungan dengan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai belajar siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 85,6. Nilai rata-rata belajar siswa kelas kontrol adalah 82, seperti yang ditunjukkan oleh hasil uji 3,125 >2,011.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kemampuan Membaca Pemahaman, Menulis Ringkasan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:03
Last Modified: 14 Feb 2023 04:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17425

Actions (login required)

View Item View Item