Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Di MTs Nurul Islam Indonesia Medan

Ramadhani, Nabila Humaira (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Di MTs Nurul Islam Indonesia Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER NABILA HUMAIRA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. BAB I NABILA HUMAIRA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
2. BAB II NABILA HUMAIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
3. BAB III NABILA HUMAIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
4. BAB IV NABILA HUMAIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
5. BAB V NABILA HUMAIRA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA NABILA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas diseluruh satuan Pendidikan dibuka sejak Juli 2021 melalui Surat Keputusan Bersama 4 Menteri (Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri) dengan beberapa kali perubahan, yang berisi tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pada masa Pandemi COVID-19. Selama pembelajaran jarak jauh atau daring, kualitas pendidikan mengalami penurunan dan tertinggal jauh dengan negara-negara lainnya selama masa pandemi. Sehingga penelitian ini bermaksud untuk mengimplementasikan strategi- strategi yang dilakukan guru PAI pada masa pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar siswa. Mengingat selama pembelajaran jarak jauh, adanya penurunan minat belajar dan hasil belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sehingga melalui penelitian ini, memberikan gambaran pelaksanaan tatap muka terbatas dan strategi guru dalam menuntaskan capaian tujuan pembelajaran ditengah keterbatasan waktu belajar secara tatap muka. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah MTs Nurul Islam Indonesia Medan, guru PAI MTs Nurul Islam Indonesia Medan berjumlah 4 orang dan siswa MTs Nurul Islam Indonesia Medan berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan secara sistematis dan mengikuti prosedur pelaksanaan PTM terbatas, (2) telah terjadi peningkatan ketuntasan belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, (3) strategi pembelajaran yang dilakukan guru-guru PAI secara positif dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa, sehingga hal demikian berdampak pada aktivitas siswa dan juga perolehan hasil belajar siswa berada pada kategori cukup.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:44
Last Modified: 13 Feb 2023 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17403

Actions (login required)

View Item View Item