Penerapan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD IT Al-Hijrah 2 Laut Dendang

Maharaja, Noviana Putri (2022) Penerapan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD IT Al-Hijrah 2 Laut Dendang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Novi cover perpus.pdf

Download (816kB)
[img] Text
Novi BAB I Fix perpus.pdf

Download (576kB)
[img] Text
Novi BAB II Perpus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] Text
Novi BAB III perpus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
Novi BAB IV perpus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
Novi BAB V Perpus.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Novi Daftar pustaka perpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD IT Al Hijrah Laut Dendang dan mengetahui apa saja kendala dalam penerapan media audio visual pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD IT Al Hijrah 2 Laut Dendang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara serta dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif Miles and Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media audio visual pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD IT Al Hijrah 2 Laut Dendang terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama persiapan, didalamnya guru mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Tahap kedua pelaksanaan, guru melakukan pembelajaran menggunakan media audio visual dengan menampilkan beberapa vidio pendukung. Tahap ketiga penilaian dimana ini dilakukan dari awal pembelajaran berlangsung hingga akhir pembelajaran. Kendala dalam pembelajaran terdiri dari kendala eksternal dan internal. Adapun kendala eksternal adalah listrik padam yang berulang kali sehingga menggangu kegiatan pembelajaran sedangkan kendala internal adalah waktu yang terbatas yang mengakibatkan aspek pembelajaran tidak terlaksana secara lengkap dan sempurna.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Media Audio Visual, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:19
Last Modified: 13 Feb 2023 04:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17397

Actions (login required)

View Item View Item