Kerja Sama Guru BK dan Guru Bidang Studi Dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa di SMPN 1 PANYABUNGAN SELATAN

Fauzi, Ahmad (2022) Kerja Sama Guru BK dan Guru Bidang Studi Dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa di SMPN 1 PANYABUNGAN SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER AHMAD FAUZI.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB 1 AHMAD FAUZI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 2 AHMAD FAUZI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
BAB 3 AHMAD FAUZI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB 4 AHMAD FAUZI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB 5 AHMAD FAUZI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA AHMAD FAUZI.pdf

Download (491kB)

Abstract

Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian observasi berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa SMPN 1 PANYABUNGAN SELATAN serta peran Guru BK dan Guru Bidang Studi dalam menangani masalah Kesulitan Belajar Siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data penelitian terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP N1 PANYABUNGAN SELATAN adalah membantu proses pengembangan belajar siswa, berperan sebagai penunjang kegiatan pendidikan, mengembangkan potensi diri, pencegahan masalah yang terjadi dilingkungan sekolah dan guru BK berperan untuk membentuk karakter mulia siswa. Sementara peran guru Bidang Studi sebagai sumber belajar siswa,sebagai role model siswa, sebagai pembimbing siswa, sebagai motivator bagi siswa, sebagai demonstrator dan juga fasilitator dan peran guru Bidang Studi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP N1 PANYABUNGAN SELATAN adalah sebagai evaluator. Adapun bentuk kesulitan belajar siswa di SMP N1 PANYABUNGAN SELATAN terdiri dari penguasaan materi yang kurang, keterampilan belajar siswa yang kurang, kesulitan karena terhambat dengan sarana belajar, kesulitan yang berasal dari diri individu dan kesulitan belajar berupa lingkungan belajar dan sosio- emosional. Sedangkan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa di SMPN 1 PANYABUNGAN SELATAN berasal dari faktor internal dan faktor eksternal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Peran Guru BK dan Peran Guru Bidang Studi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:48
Last Modified: 10 Feb 2023 04:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17377

Actions (login required)

View Item View Item