Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar (Flash Card) Bernuansa Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 053974 Paya Mabar Kota Stabat

Juniswa, Nora (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar (Flash Card) Bernuansa Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 053974 Paya Mabar Kota Stabat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Dan LAMPIRAN_.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran kartu kata bergambar (flash card) bernuansa islami untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa SDN 053974 Paya Mabar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, atau Research and Development dengan model Borg and Gall. Subjek yang digunakan sebanyak 28 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, wawancara, validasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran kartu kata bergambar (flash card) bernuansa Islami ini dinyatakan valid dengan hasil uji ahli materi memperoleh nilai kevalidan 80% dengan kategori layak dan ahli desain media memperoleh nilai kevalidan 92% dengan kategori sangat layak. Media kartu kata bergambar (flash card) dinyatakan praktis diperoleh dari 28 responden memperoleh nilai 89% dan pendidik memperoleh nilai kevalidan 85% dengan kategori sangat layak. Media kartu kata bergambar (flash card) bernuansa Islami dinyatakan efektif dilihat dari hasil uji coba lapangan dalam penerapan pembelajaran di kelas. Hasil pretest siswa mendapat 49,28 dan postest siswa mendapat 89,64. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar menggunakan uji N-gain menghasilkan N-gain score 0,79 dengan kualifikasi tinggi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kartu Kata Bergambar (Flash Card), Membaca Permulaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:14
Last Modified: 10 Feb 2023 04:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17371

Actions (login required)

View Item View Item